MENU Sabtu, 31 Mei 2025

Kemensos Tetap Layani Kebutuhan Makan Warga Penerima Manfaat Selama Lebaran

waktu baca 2 menit
Minggu, 30 Mar 2025 05:03 26 daza08313@gmail.com

Jakarta – Layanan BKC88 kebutuhan dasar pemberian makanan di sentra milik Kementerian Sosial di seluruh Indonesia tetap beroperasi selama Ramadan hingga Idul Fitri, termasuk di Sentra Terpadu Pangudi Luhur (STPL), Bekasi.
Salah seorang pramubakti manut88 juru masak, Purwanti (59) yang telah mengabdi selama 39 tahun, menceritakan bagaimana dapur layanan permakanan tetap sibuk menyediakan makanan bagi penerima manfaat (PM), termasuk saat Ramadan dan Idul Fitri.

“Libur, tanggal merah, atau lebaran tetap saja masak. Setelah salat Idul Fitri, langsung kembali ke dapur karena PM sudah antre menunggu,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (30/3/2025).

Purwanti mengatakan selama Ramadan, layanan permakanan disesuaikan agar mendukung kebutuhan PM yang menjalankan ibadah puasa. Pengiriman makanan pun dilakukan dua kali sehari, yaitu untuk sahur dan berbuka puasa.

“Menu sahur biasanya lebih berat seperti sayur, lauk, dan sambal. Sementara untuk berbuka, ada takjil seperti buah dan biskuit,” jelas Purwanti.

Pelayanan juga tetap diberikan kepada PM yang tidak berpuasa, termasuk yang beragama lain dan yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Untuk mereka, kata Purwanti, makanan diantarkan tiga kali sehari dengan menu bervariasi setiap waktu makan.

Purwanti mengaku memasak dalam jumlah besar selama Ramadan adalah tugas yang menantang, terutama dengan jumlah tim terbatas. Dengan hanya lima anggota tim, mereka harus memasak dalam jumlah besar secara bergantian.

“Kadang mulai masak dari setengah satu malam untuk persiapan sahur,” katanya.

Meski demikian, pembagian waktu kerja yang terjadwal memungkinkan dapur tetap beroperasi selama 24 jam penuh.

Terkait kendala selama Ramadan, Purwanti mengaku salah satu tantangan terbesar adalah menyesuaikan menu sesuai selera penerima manfaat yang beragam.

“Kadang ada yang protes, maunya makanan tertentu. Padahal kami sudah buatkan menu terbaik sesuai standar,” ungkapnya.

Namun, Purwanti tetap sabar dan terus berusaha agar makanan dapat dinikmati semua PM.

Dedikasi yang ditunjukkan Purwanti dan timnya membuat layanan permakanan di STPL Bekasi terus berjalan dengan baik, bahkan di hari besar agama sekalipun.

Bagi Purwanti, pengorbanan meninggalkan keluarga demi tugas mulia sudah menjadi hal biasa selama bertahun-tahun.

“Lebaran juga tetap kerja. Sudah bertahun-tahun tidak pernah pulang kampung,” tuturnya.

Pengabdian Purwanti dalam melayani penerima manfaat pun menjadi inspirasi tentang kerja keras dan dedikasi. Di tengah segala keterbatasan, ia tetap menjalankan tugas demi memastikan penerima manfaat mendapatkan makanan yang layak, termasuk saat bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

PAS4D

PAS4D

daza08313@gmail.com

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA